Rabu, 12 September 2012

Software untuk Belajar Jaringan Cisco


Software untuk Belajar Jaringan Cisco 

untuk kali ini akandituliskan tentang software-software apa saja yang diperlukan untuk mempelajari simulasi jaringan komputer yang dalam hal ini menggunakan Cisco. Software-software yang saya terangkan disini berdasarkan dari buku yang ditulis oleh Iwan Sofana, Cisco CCNA & Jaringan Komputer.

Cisco CCNA & Jaringan Komputer
Software-softwarenya yaitu:
1. SimCo
SimCo merupakan aplikasi berbasis web hasil karya si penulis. SimCo memerlukan browser yang dapat menjalankan file flash. Terima kasih buat penulis yang sudah mengijinkan untuk menyebarkan untuk tujuan positif. Dapat mendownload SimCo disini.
SimCo
2. Dynamips
Dynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot. Software ini untuk mensimulaikan router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router yang sesungguhnya. Software ini aplikasi mode teks dan tidak memiliki antarmuka grafis sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Silahkan mendownload Dynamips.
3. Dynagen
Dynagen dibuat oleh Greg Anuzelli. Software ini merupakan aplikasi frontend bagi Dynamips. Silahkan mendownload Dynagen disini.
4. GNS3
GNS3 adalah software untuk simulasi network. Dengan GNS3 user dapat membuat diagram topologi network kemudian topologi tersebut dibangun sehingga seolah-olah kita berhadapan dengan network sesungguhnya. GNS3 membutuhkan aplikasi Dynamips dan Dynagen karena keduanya berkaitan dengan GNS3. Silahkan mendownload GNS3 yang sudah disertakan dengan Dynamips dan Dynagen => GNS3-0.6-win32-all-in-one.exe.
GNS3
5. DynaSlaxGNS3
DynaSlaxGNS3 merupakan aplikasi gabungan dari Dynamips, Dynagen, GNS3, dan Linux. Bisa dijalankan dengan mengeburn file iso DynaSlaxGNS3. Atau bisa menggunakan VMWare atau Virtual Box. Maaf, tidak menemukan link download iso DynaSlaxGNS3. Mau mengupload juga susah karena file berukuran 260MB dan keterbatasan internet saya.
6. Packet Tracer
Packet Tracer dibuat oleh Cisco. Aplikasi ini biasa digunakan oleh yang mengambil CNAP untuk simulasi jaringan. Silahkan mendownload Packet Tracer 5.
Packet Tracer
Selain itu untuk menjalankan GNS3 memerlukan IOS Image.Dapat mendownload IOS Image Cisco 7200 => c7200-k3p-mz120-283.

COpAz...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar